ads

EDITOR LATEX UNTUK MOODLE

latex, mungkin istilah yang jarang digunakan jika kita mengetik symbol matematika pada m. word, namun mungkin bagi dosen dosen saya yang sering membuat modul mata kuliah matematika, latex adalah salah satu code yang harus mereka kuasai, bahkan dulu saya tak mengerti cara menggunakannya.
Nah, apa hubungannya latex dengan moodle? hmmm, latex digunakan untuk menuliskan symbol matematika yang akan dimasukkan dalam soal maupun materi matematika pada moodle, karena penulisan symbol matematika di moodle tidak seperti di m.word,..
sebenarnya ada beberapa cara untuk mengisi symbol matematika di moodle, seperti misalnya membuat symbol matematika menjadi format gambar ( ketik di m.word, screencapture, crop, save as jpg, bla bla bla,) upload dan sisipkan pada soal. tapi cara tersebut pasti dan sangat merepotkan ( setidaknya menurut pengalaman saya).
Lha ngapain pakai cara itu, di moodle kan sudah ada dragmath,. aplikasi base java yang membantu kita menuliskan kode latex yang nantinya akan dikonversi ke symbol matematika ( biasanya format gif).. memang dengan dragmath itu akan sangat membantu,..
TAPI, ternyata tidak berlaku bagi moodle yang dipasang di hosting,.. kalau cuman moodle di pasang di server windows sih aman aman saja pakai dragmath, tapi untuk server ber OS linux,.. apalagi bagi yang domainnya belum support latex, maka dijamin kode latex anda tidak akan berubah menjadi symbol math ( pengalaman pribadi)..
setelah ber surfing ria sana sini,. ketemu juga ide.. yang kita butuhkan hanyalah cara untuk merubah kode latex menjadi symbol math,. jadi ga harus di hosting itu juga merubahnya,.. akhirnya ketemu web yang bisa mengkonversi code latex,. sudah ada editornya lagi,.
silahkan saja di coba, tapi ingat, ntar yang di copy link imagenya,. bukan code latex doang

syukur2 ada yang baca tulisan ini

editor untuk latex





klik disini untuk memunculkan editor latex
EDITOR LATEX UNTUK MOODLE EDITOR LATEX UNTUK MOODLE Reviewed by Unknown on 20:30 Rating: 5

4 comments: